Skip to content

DKI Jakarta Juara Umum dalam Pembinaan Mental Kewirausahaan dan Bela Negara Tingkat Nasional Tahon 2010

October 6, 2010

This slideshow requires JavaScript.

Sejarah singkat tentang Lomba Pembinaan Mental Kewirausahaan dan Bela Negara 2010, yang dulu namanya GBPN = Gelar Prestasi Bela Negara. Apakah itu dan apa saja kegiatannya?

Pembinaan Mental Kewirausahaandan Bela Negara yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan citra SMK melalui unjuk kemampuan dan pengukuran puncak-puncak prestasi bagi siswa SMK.

Secara umum Pembinaan Mental Kewirausahaan dan Bela Negara Siswa SMK Tingkat Nasional bertujuan :

1. Mendorong siswa berpikir kritis, rasional dan kreatif sebagai warganegara;

2. Menanamkan sikap nasionalisme demi membangun dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara;

3. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta anti kuropsi, narkoba, kenakalan remaja dan perilaku tidak terpuji lainnya;

4. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya;

5. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;

6. Memotivasi para siswa untuk menerapkan etika dan budi pekerti;

7. Mengaktifkan siswa SMK untuk menularkan dan memberi teladan penerapan budi pekerti kepada siswa lainnya;

8. Meningkatkan citra SMK melalui unjuk kemampuan dan pengukuran puncak-puncak prestasi bagi siswa SMK;

9. Sebagai sarana promosi potensi siswa SMK kepada dunia usaha dan industri sebagai calon pengguna tamatan;

10. Meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan potensi SMK sebagai tempat diklat berkualitas, penyedia teknisi industri tingkat menengah dan mitra usaha;

11. Memupuk persahabatan dan kerjasama secara nasional dalam membangun dan mengembangkan SMK baik saat sekarang maupun yang akan datang.

Kegiatan Kompetisi Pembinaan Mental Kewirausahaandan Bela Negara mencakup: Tes Teori Kemampuan Akademik, Penguasaan ISU-ISU TERKINI, Presentasi keunggulan daerah, Fisik (Peraturan Baris Berbaris, Outbond), Pameran Foto keunggulan daerah, Napak Tilas, dan Pentas Seni.

Saat diselenggarakan perlombaan Pembinaan Mental Kewirausahaandan Bela Negara yang pertama di Malang 2007 Jawa Timur, tim Kepemimpinan dan Bela Negara Provinsi DKI Jakarta belum mencapai prestasi yang maksimal atau memuaskan, walaupun dari tahun ke tahun mengalami peningkatan prestasi. Pada lomba Pembinaan Mental Kewirausahaandan Bela Negara ke-dua di Bandung 2008 Tim Bela Negara DKI hanya mampu urutan ke-tujuh, di Jogyakarta 2009 tim Bela Negara DKI hanya mampu pada ururtan ke-lima. Pada Pembinaan Mental Kewirausahaandan Bela Negara yang ke-empat tahun 2010 tahun ini kita punya target menjadi juara pertama pada bidang lomba Kepemimpinan dan Bela Negara.

Sumber : http://dedidwitagama.wordpress.com/

Dan hasilnya adalah DKI Jakarta menjadi Juara Umum Lomba Pembinaan Mental Kewirausahaandan Bela Negara 2010, terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dalam Lomba Pembinaan Mental Kewirausahaandan Bela Negara. Semoga ditahun berikut Juara tersebut dapat dipertahankan.

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: