Skip to content

Jendral Sudirman adalah “Cerminku”

March 24, 2009

Jendral Sudirman

Jendral Sudirman

Selasa malam 24 Maret 2009, ketika sang malam mulai larut dan semua makhluk di muka bumi ini sudah mulai terlelap. Akupun bersiap untuk istirahat, ketika ingin memejamkan mata tiba – tiba terlintas dipikiranku tentang Jendral Sudirman yang begitu semangat memperjuangan kemerdekaan Negara ini tanpa mengharapkan imbalan apapun dan rela berkorban apapun demi kemerdekaan negaranya. Cerita yang aku tahu dan patut di contoh tentang Jendral Sudirman adalah di mulai pada masa perang gerilya clash kedua (1948-1949) mulai berjalan di Klaten, tatkala Jendral Sudirman dan pasukannya baru keluar dari kota dan tiba di Klaten yang terletak di sebelah timur Jogja. Daerah itu terkenal oleh penduduknya yang berkecukupan, dan banyak industri. Seorang staff Jendral Sudirman mengusulkan pada Si Panglima untuk meminta pada penduduk yang kaya agar memberikan harta bendanya demi membiayai perang gerilya.

Apa jawaban Jendral Sudirman?

Jendral Sudirman diam dan memanggil ajudannya. Beliau menyuruh ajudannya kembali ke Jogja untuk menemui istrinya. Dimintanya si ajudan meminta istrinya untuk menyerahkan semua perhiasan yang dibelinya sejak jaman Belanda — untuk membiayai perang gerilya. Sang Jendral memilih menyuruh istrinya untuk menyerahkan harta benda demi perjuangan. Ternyata Istri Jendral Sudirman-pun rela menyerahkan semua perhiasannya untuk membiayai perjuangan kemerdekaan.

Seandainya Indonesia memiliki pemimpin-pemimpin dengan kemampuan memimpin dan kebesaran hati seperti Jendral Sudirman, dapat dibayangkan bagaimana majunya Indonesia.

Ini adalah contoh untuk Pemimpin Indonesia yang terpilih Pada Pemilu tahun ini, semoga Pemimpin yang terpilih nanti berakhlak mulia,iklas dalam menjalankan tugas, dan tidak mementingkan kepentingan PRIBADI.  Amin….. 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: