Skip to content

Workshop SCC dan SMS di SEAMOLEC

March 8, 2012

Tangerang, 5 Maret 2012 tepatnya di Pondok Cabe. Apa sih SCC  dan SMS itu ?
SCC singkatan dari SEACyberClass

I. Konsep SEACyberClass
Indonesia adalah negara kepualauan terbesar di dunia dengan  lebih dari 13 ribu pulau. Dengan luas sebesar 1,9 juta  km2 dan dengan populasi sebesar 222 juta jiwa (data 2006), Indonesia merupakan negara terluas dan terpadat penduduknya di Asia Tenggara. Kondisi demografi  tersebut, merupakan tantangan tersendiri bagi  pelaksanaan pembangunan di  Indonesia  khususnya di sektor pendidikan. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu  alternatif pemecahan masalah atas kondisi demografi tersebut.

Cerminan PJJ tersebut adalah konsep SEACyberClass sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan dengan penyelenggaraan pembelajaran melalui kelas maya di Asia Tenggara.  Pada dasarnya SEACyberClass  meliputi  tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan  pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.  Perencanaan SEACyberClass akan diterapkan di Indonesia sebelum nantinya


dikembangkan untuk kawasan Asia Tenggara. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan berbasis video yang akan didistribusikan dalam bentuk  recording maupun  live streaming. Banyak pendukung lainyang harus dipersiapkan antara lain konten pembelajaran, perangkat kelas, dan perangkat lunak.

Untuk dapat melaksanakan evaluasi terhadap pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional  dilaksanakanlah Ujian Nasional (UN).  Dari hasil UN tersebut, dapat diketahui bahwa mutu pendidikan di Indonesia belum merata (disimulasikan dalam  Gambar 1),  sehingga  perlu dilaksanakan matrikulasi  melalui  latihan ujian bersama  (LUB).

LUB merupakan tahapan akhir dari konsep SEACyberClass. Pada tahun 2011 SEAMOLEC meluncurkan LUB sebagai upaya meningkatakan frekuensi  siswa berlatih mengerjakan soal-soal ujian. Penghematan biaya merupakan salah satu alasan LUB dilaksanakan secara  semi-online. Pada saatnya nanti, LUB akan dilaksanakan secara online penuh Melatih siswa dalam bentuk ujicoba menghadapi UN, sampai saat ini bergantung kepada kebijaksanaan dinas pendidikan setempat  dan  pihak swasta  yang menyelenggarakan  bimbingan tes. Pelaksanan latihan ujian tersebut pada umumnya juga masih terbatas.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: